Sulit Diet Setelah Melahirkan, Cara Ini Bisa Jadi Alternatifnya

Tubuh yang ramping dan langsing adalah dambaan kaum wanita, apalagi banyak cara pada program melangsingkan tubuh secara alami maupun instan dan cepat. Namun pelu diketahui bahwa diet adakalanya justru merusak kesehatan apalagi dengan metode yang tidak benar. Hal ini juga bisa terjadi pada ibu-ibu yang berencana melakukan program diet setelah melahirkan baik lahiran normal maupun secara Caesar.

Proses kehamilan adakalanya cenderung meningkatkan berat badan. Hal ini wajar adanya, karena biasanya gizi dan makanannya harus dituntut baik untuk sang jabang bayi. Namun penambahan angka berat tubuh ini justru semakin menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian mama. Alih-alih menginginkan bentuk body ideal namun justru tidak baik bagi buah hati tercinta. Alasannya yaitu melangsingkan badan pasca melahirkan akan berpengaruh pada produksi ASI itu sendiri.

Khusus bagi mama yang memprioritaskan air susu ibu ekslusif yaitu periode enam bulan, sebaiknya janganlah terlalu terobsesi dengan program diet tersebut. Pemberian ASI Eksklusif oleh perempuan setelah melahirkan pada buah hati jauh lebih penting dan memang sebaiknya anda menunda pada masa ini. Fokuslah pada pemberian nutrisi alami tersebut agar sang baby tetap mendapatkan sebuah prioritas dari air susu yang ekslusif.

Pada masa 6 bulan inilah sang mama juga wajib menjaga pola makanan yang dikonsumsi. Tujuannya agar baby tercinta bisa mendapatkan air susu secara optimal. Jika pola makan dan gizi harus dipenuhi untuk menunjang sang anak tercinta, tentunya akan sulit sekali melakukan program diet setelah melahirkan pada waktu tersebut. Sehingga sebaiknya mama bisa menahan diri untuk tidak melakukan penurunan berat badan dulu.

Diet Setelah Melahirkan, Menjaga Pola Makan Adalah Kuncinya

Barulah setelah masa ASI eksklusif berakhir mulailah dengan diet yang proporsional. Janganlah melakukan rencana melangsingkan tubuh dengan cara sporadis. Tuntutan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu untuk menunjang produksi air susu juga patut diperhitungkan. Apalagi jika proses menurunkan berat badan tersebut dilakukan secara instan dengan menggunakan supplement atau obat maka hal ini haruslah dibicarakan dengan dokter ahli.

Perlu anda ketahui bahwa ada sebagian wanita yang justru mengalami penurunan berat tubuhnya pada masa menyusui. Kenali diri anda terlebih dahulu, barangkali justru anda masuk dalam kategori ini. Maka akan dengan alami melangsingkan tubuh tanpa harus repot-repot merencanakan rencana tersebut.

Bagaimanapun juga cara diet setelah melahirkan haruslah ditunjang dengan olahraga yang rutin. Lakukan olahraga ringan setiap hari dan ditunjang dengan mengatur pola makan yang sehat, sesuai, dan proporsional. Ingat bahwa kesehatan bayi anda jauh lebih penting dari apapun. Buah hati yang sehat dan ceria akan lebih menambah warna hidup berkeluarga. Ia juga menjadi pelita hidup yang akan meneruskan keturunan kita, sehingga wajib bagi kita untuk terus memprioritaskan gizi dan kesehatannya.